Teknik Foto Bulb, Tren Foto Paling Abadi

Teknik Foto Bulb dan Langkah Langkahnya!

ANDIGITAL – Teknik Foto Bulb menjadi salah satu tren fotografi masa kini. Seperti kita tahu banyak muda mudi saat ini berlomba lomba menjadi konten kreator dengan kreativitasnya. Tren fotografi & videografi menjadi hits di sosial media. Semakin berkembangnya multimedia, semkin banyak juga tren fotografi dan videografi.

Salah satu tren teknik foto yang tak bisa dilewatkan adalah teknik foto bulb. Teknik ini adalah metode fotografi yang menghasilkan foto dari cahaya. Teknik ini dilakukan dengan mengendalikan durasi eksposur secara manual untuk jangka waktu yang lebih lama daripada yang diizinkan oleh pengaturan standar kamera. Fungsi dari teknik bulb ialah untuk menciptakan efek kreatif seperti jejak cahaya, gerakan kabut, atau efek lain yang memerlukan paparan yang lebih lama.

Dibawah ini sudah kami rangkum langkah langkah untuk melakukan teknik foto bulb, Yuk simak bersama!

Langkah Langkah Melakukan Teknik Foto Bulb

Ambil Kamera dan Tripod

Kamera yang digunakan bisa DSLR (yang penting shutter speed dapat diatur), kemudian disarankan menggunakan tripod agar menjaga kamera tetap stabil dan menghindari foto yang blur.

Ubah ke Bulb Mode

Jika kamera memiliki mode Bulb (B), kita juga dapat menggunakannya. Mode Bulb memungkinkan kita mengendalikan waktu eksposur dengan menahan tombol rana terbuka.

Sesuaikan Aperture dan ISO

Dalam teknik foto bulb, setel aperture ke >F9 agar cahaya lebih maksimal dan sesuaikan ISO sesuai dengan efek yang ingin kita capai. Aperture kecil (angka f-stop besar) membantu dalam menciptakan kedalaman bidang yang lebih besar, sedangkan ISO rendah mengurangi noise dalam gambar.

Baca Juga : Dasar Dari Teknik Foto Panning Untuk Pemula

Gunakan Timer Kamera

Kita bisa menggunakan timer dalam teknik foto bulb agar kamera tetap diam saat pengambilan gambar dan menghindari guncangan dari tangan. Selain itu, bisa juga dengan menggunakan pemicu rana eksternal (seperti pemicu kabel atau nirkabel).

Atur Fokus

Saat Fotografer melakukan teknik foto bulb, banyak yang menggunakan fokus manual untuk menghindari kamera mencoba mengatur ulang fokus selama eksposur. Usahakan untuk fokus pada subjek dengan cermat sebelum memulai proses eksposur.

Perkirakan Durasi Eksposur

Hitung atau perkirakan berapa lama ingin proses eksposur berlangsung. Ini bisa berarti beberapa detik, beberapa menit, atau bahkan lebih lama tergantung pada efek yang ingin dicapai.

 Baca Juga : Jasa Pemetaan Dengan Drone

Pilih Subjek yang Tepat dan Buat Perencanaan

Kita bisa buat konsep fotonya terlebih dahulu. Cahaya yang bergerak bisa dijadikan opsi foto yang cantik pula. Lampu Kendaraan, Kembang Api, dan LED Light bisa digunakan untuk objek teknik foto ini juga. Usahakan buat konsep sebelum hari – H agar lebih maksimal.

Review Hasil & Terus Mencoba

Periksa hasil foto di layar kamera atau komputer untuk melihat hasil akhir. Jika perlu, kita bisa dapat mengulangi eksperimen dengan durasi eksposur yang berbeda. Ingatlah bahwa latihan dan eksperimen akan membantu kita untuk menguasai teknik foto bulb dengan lebih baik.

Jasa Fotografi dan Videografi

Apabila Anda membutuhkan Jasa Fotografi dan Videografi yang sudah terjamin hasilnya, Pilihlah Andigital.id!
Dengan tim yang profesional, kami mampu memberi hasil foto yang berkualitas dan resolusi tinggi. Kami menyediakan juga pelayanan fotografi dan videografi untuk Outbond Documentation, Wedding, Prewedding, Company Gathering, Community Event, dan lainnya. Anda bisa menghubungi kami disini, Kami siap melayani Anda..

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *