PEMETAAN – Pengertian, Tujuan Utama, dan Profesinya

PEMETAAN - Pengertian, Tujuan Utama, dan Profesinya

ANDIGITAL – Pemetaan mungkin masih jadi kata yang asing dalam telinga kita. Tapi, pekerjaan ini salah satu yang paling dibutuhkan dalam bisnis properti, pembangunan perusahaan, pabrik, dsb.

Dilansir dari bappeda.grobogan.go.id, Pemetaan atau bisa disebut Pengukuran Wilayah adalah suatu proses menyajikan informasi muka bumi yang mengandung fakta, dunia nyata, baik bentuk permukaan bumi dan sumberdaya alamnya, berdasarkan skala peta, sistem proyeksi peta, serta simbol-simbol dari unsur muka bumi yang disajikan.

Kali ini, Andigital.id akan menjawab beberapa pertanyaan kamu nih mengenai Pengukuran Wilayah ini. Apa saja itu? Yuk kita simak bersama sama!

Apa itu Jasa Pemetaan?

Nah, Pengukuran ini dilakukan oleh orang orang yang bergerak pada bidangnya. Proses pengukuran inipun menjadi profesi oleh para surveyor yang menyediakan jasa pengukuran.

Jasa pemetaan sendiri ialah layanan yang menyediakan proses pengukuran suatu area tertentu, baik itu berupa lahan, bangunan, atau wilayah geografis lainnya. Proses ini melibatkan pengumpulan data spasial dan atribut, serta pembuatan peta yang akurat dan mengandung banyak informasi.

Apa Pekerjaan Pemetaan?

Pekerjaan Pemetaan yaitu kegiatan pengukuran suatu area dengan menggunakan instrumen khusus seperti alat ukur jarak, GPS (Global Positioning System), dan alat pengukuran lainnya.

Pekerjaan ini melakukan beberapa hal seperti pengumpulan data topografi, batas properti, dan informasi lainnya yang diperlukan untuk membuat peta atau untuk keperluan perencanaan dan pengembangan.

Baca Juga : Foto Udara Geografi & Manfaatnya

Apa tujuan dari Pemetaan?

– Memahami pola dan karakteristik suatu wilayah lewat informasi lengkap yang disajikan.
– Membantu pengambilan keputusan, rencana pembangunan dan pengembangan infrastruktur ataupun daerah.
– Merepresentasikan ilustrasi grafis dan visual dari suatu area.
– Media penyampaian yang pas untuk berbagi informasi spasial dengan pihak yang bersangkutan.
– Membantu mengantisipasi bencana atau kecelakaan yang dapat terjadi.

Siapa itu Surveyor Pemetaan?

Surveyor Pemetaan ialah seorang profesional yang memiliki keahlian dalam melakukan survei dan pengukuran wilayah. Mereka mengukur dan merekam data yang diperlukan untuk membuat peta atau untuk keperluan lainnya. Keahliannya yaitu membantu memastikan akurasi dan ketepatan data yang digunakan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Pemetaan dan Informasinya!

Andigital.id menyediakan Jasa Pengukuran Wilayah dan Sewa Drone di Indonesia. Kami memiliki tim profesional sehingga menjamin efisiensi waktu dalam proses pengukuran. Kami juga memberikan output yang informatif dan data yang tepat. Kepuasan Anda menjadi tanggung jawab kami yang terutama.
Tidak perlu ragu lagi, segera hubungi kami disini.

Terimakasih dan Sampai Jumpa pada artikel lainnya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *