Inilah Arti dan Perbedaan Citra Foto dan Nonfoto!

Inilah Arti dan Perbedaan Citra Foto dan Nonfoto!

ANDIGITAL – Hai hai! kalo kamu pecinta fotografi pasti sudah familiar dengan hal ini. Tapi, Apa kamu tahu apa yang sebenarnya arti dari citra foto? Apa perbedaannya dengan Non foto? Yuk, kita belajar bersama sama!

Apa yang di maksud dengan Citra Foto?

Yaitu representasi visual dari suatu objek atau adegan yang di tangkap melalui lensa kamera. Atau juga, hasil akhir dari proses pengambilan gambar yang merekam detil, warna, dan suasana dari subjek tersebut. Contohnya seperti foto di media sosial atau album pribadi, dsb.

Dibedakan Menjadi 2 Bentuk

Nah, di bedakan menjadi 2 bentuk, yaitu Citra foto yang tidak lain ialah hasil jepretan kamera. Sedangkan Citra non foto mengarah pada gambar atau representasi visual lain yang bukan hasil fotografi. Misalnya seperti ilustrasi.

Sederhananya, Foto ialah hasil dari mendokumentasikan dunia melalui lensa kamera. Sedangkan Nonfoto melalui media perekaman lainnya seperti lukisan, patung, dsb.

Baca Juga : Foto Udara Geografi & Manfaatnya

Berikut 3 Perbedaan Citra Nonfoto & Foto berdasarkan karakteristiknya, yaitu :

  1. Sumber : Foto dihasilkan oleh sensor kamera, sedangkan Non foto dihasilkan oleh sensor non-kamera, seperti sensor infrared yang bisa membaca temperatur di setiap wilayah
  2. Representasi Visual : Foto memberikan representasi visual yang lebih jelas dan konkret, sementara Non Foto sangat bergantung pada kreativitas dan interpretasi.
  3. Kelebihan : Foto memiliki kelebihan dalam menghasilkan gambar yang realistis dan akurat karena mengambil gambar dari objek nyata, dan sangat berguna dalam dokumentasi, jurnalistik, dan sebagai bukti visual.
    Non Foto memiliki kelebihan dalam fleksibilitas dan kreativitas, dan cocok untuk menciptakan ilustrasi dan kartun.

Jadi, sekarang kamu lebih tahu, kan?

Semoga artikel ini bermanfaat ya! Tentu saja Citra foto bukan hanya sekadar gambar, tapi juga karya seni yang merekam keindahan dari dunia di sekitar kita. Yuk mulai eksplorasi dan terus mengabadikan momen-momen indah dengan kameramu. Siapa tahu, hasil jepretanmu bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang, apalagi kalau bisa terjual dengan harga fantastis!

Terimakasih dan Sampai Jumpa di artikel andigital.id lainnya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *