Tips Melakukan Teknik Foto Freezing dengan Kamera

Tips Melakukan Teknik Foto Freezing dengan Kamera

foto ANDIGITAL – Teknik foto freezing adalah teknik yang digunakan untuk mengambil gambar subjek dengan kejelasan tinggi ketika subjek sedang aktif bergerak.

Teknik ini sering sekali digunakan dalam fotografi olahraga ataupun aksi. Freezing Photography juga digunakan dalam kejuaraan dunia, biasanya untuk menghitung detail dan informasi dari seorang Atlet.

Tips untuk menggunakan Teknik Foto Freezing

Pilih Kecepatan Shutter Speed

Disarankan menggunakan kecepatan rana yang sangat cepat untuk mengambil foto dengan teknik ini.

Biasanya, kecepatan rana di atas 1/1000 detik dibutuhkan untuk hasil foto dengan keterangan yang pas ketika berada di luar ruangan. Dan untuk objek yang bergerak sangat cepat, kemungkinan besar dibutuhkan shutter speed yang lebih cepat lagi.

Kita bisa menangkap gambar beberapa kali hingga mendapatkan hasil foto yang jelas dan tidak blur.

Atur Aperture

Untuk memaksimalkan cahaya yang masuk ke sensor kamera, buka aperture (nilai f-stop rendah seperti f/2.8 atau f/4). Ini akan membantu memastikan gambar tetap terang meskipun menggunakan kecepatan rana yang cepat.

Baca Juga : Teknik Foto Bulb, Tren Foto Paling Abadi

Atur ISO

Atur ISO yang pas dengan kondisi ruangan saat memotret. Akan tetapi, semakin besar ISO, biasanya semakin banyak juga noise yang ada di dalam hasil foto. Untuk luar ruangan, pastikan ISO tetap berada di bawah 800.

Jaga Kamera Tetap Stabil

Pastikan kamera juga stabil untuk menghindari gambar yang blur. Gunakan tripod atau teknik stabilisasi lainnya jika diperlukan ketika mengambil gambar dengan teknik foto freezing.

Latihan

Pasti diperlukan latihan untuk menguasai teknik ini. Cobalah berbagai shutter speed dan praktek dengan berbagai situasi untuk memahami bagaimana cara menghasilkan gambar yang dengan kualitas tajam.

Selain itu, kita juga bisa uji coba freezing photography dengan media akuarium, air dan objek apapun. Caranya mudah, kita hanya perlu mengisi akuarium dengan air secukupnya, kemudian minta teman kita untuk menjatuhkan objek tersebut kedalam akuarium. Sebelumnya pastikan kita sudah menyetting kamera dan siap untuk memotret ketika objek bersentuhan dengan air.

Kesimpulan

Untuk menggunakan teknik foto freezing ini ada beberapa tips yang perlu dilakukan seperti mengatur shutter speed, aperture, ISO, menjaga kestabilan kamera dan sering praktek. Kita akan mendapatkan efek “freezing” dengan kualitas baik ketika pengaturan dalam kamera sesuai dengan kondisi ruangan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *