Teknik Fotografi Panning : Arti, Langkah Pengambilan, & Jenisnya

Teknik Fotografi Panning : Arti, Langkah Pengambilan, & Jenisnya

ANDIGITAL – Kamu pernah gak sih lihat foto yang kesannya kayak bergerak cepat, tapi objek di tengahnya ngga blur sama sekali? Itulah keajaiban teknik panning. Buat kamu yang pengen ambil foto bergerak, teknik ini dapat menjadi senjata ampuh kamu buat ngehasilin foto yang ciamik dan memuaskan. Yuk kenalan lebih dekat sama teknik fotografi panning!

Apa itu Teknik Fotografi Panning?

Teknik panning adalah metode fotografi yang menangkap gambar suatu objek dalam gerakan dengan mengikuti pergerakan tersebut.

Fokus utama pada subjek sangat dijaga, tapi latar belakang atau area di sekitarnya sengaja dibuat kabur supaya bisa menciptakan efek gerakan yang dramatis. Shutter speed yang tepat sangat berpengaruh lho! makanya banyak fotografer mampu menciptakan hasil visual keren dengan teknik fotografi panning ini.

Langkah-langkah Pengambilan Gambar Teknik Panning Sederhana

Pilih Shutter Speed Yang Sesuai
Kamu perlu nyesuain kecepatan rana dengan kecepatan gerakan objek. Buat subjek cepat, gunakan kecepatan tinggi, tapi kalau subjek dengan gerakan lebih lambat, kamu bisa gunakan kecepatan yang lebih rendah.

Gunakan Mode Continuous Focus
Pastiin kamu mengatur ke mode fokus kontinu supaya kamera dapat terus fokus pada subjek yang bergerak selama melakukan teknik fotografi panning.

Gerakan Kamera Harus Stabil
Meskipun kamu juga ngikutin gerakan objek, jangan lupa untuk menjaga kamera tetap sejajar dengan objek ya! Gunakan tripod atau teknik stabilisasi lainnya untuk hasil yang terbaik.

Baca Juga : Teknik Foto Bulb, Tren Foto Paling Abadi

Jenis-jenis Teknik Panning

Teknik panning juga dibedakan ke beberapa jenis berdasarkan objeknya maupun subjeknya nih, yaitu :

Panning untuk Olahraga
Teknik panning ini cocok banget untuk menangkap gambar aksi maupun olahraga seperti balap mobil, sepeda, atau lari. Jangan lupa untuk memilih shutter speed yang sesuai dengan kecepatan objek.

Panning untuk Fotografi Hewan
Nah, Idealnya orang orang menggunkan teknik panning untuk menangkap gambar hewan yang bergerak cepat seperti burung terbang atau binatang peliharaan.

Panning untuk Fotografi Jalanan
Teknik panning yang ini digunakan untuk menangkap gambar objek bergerak di jalan raya, seperti motor atau mobil yang melaju kencang atau pejalan kak.

Setelah tahu konsep dasar, langkah-langkah pengambilan gambar, dan variasi teknik panning, kamu pasti jadi lebih siap lagi untuk mulai foto foto pakai teknik panning ini. Jangan berhenti bereksperimen dengan kameramu ya!

Selamat mencoba dan Sampai Jumpa di artikel andigital.id lainnya~

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *